Kamis, 21 April 2016

Teman

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kita tidak bisa makan nasi bila tidak ada petani, kita tidak bisa baca buku pelajaran bila tidak ada yang nulis, dan kita tak akan bisa minum susu bila tidak ada yang ternak sapi. Itu semua adalah bentuk interaksi sosial tidak langsung menurut saya namun tetap sama-sama membutuhkan satu sama lain.

Sementara itu interaksi sosial yang langsung contohnya adalah yang terjadi saat kita bersekolah. Teman adalah hal yang penting, mulai dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Mereka adalah bagian dari perjalanan kita membentuk karakter diri dan tumbuh dewasa. Tidak semuanya dari mereka baik. Ada beberapa dari mereka yang memang diciptakan untuk menguji mental, emosi, dan keimanan kita.

Berbicara soal teman yang buruk memang ada beberapa tipe. Tapi setelah hidup 20 tahun lebih ada satu tipe yang paling buruk menurut saya yaitu tipe yang tak pernah menghargai kita seberapapun kita berusaha untuk baik kepada mereka. Berurusan dengan mereka hanyalah membuang-buang energi. Masih banyak teman yang mau menerima kita apa adanya dan memberi kita saran dan kritik yang baik untuk membantu tumbuh dewasa sebaik mungkin.

Saya menulis ini bukan berarti saya sudah menjadi teman yang baik, masih banyak hal-hal buruk yang saya lakukan pada teman saya dan masih banyak perbuatan yang harus diperbaiki lagi. Bagi yang punya teman, saya harap kawan menjaga baik-baik hubungan dengan mereka. Semangat pagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar